Vaksinasi Penting Pada Ayam Untuk Mencegah Penyakit

Vaksinasi pada ayam merupakan salah satu langkah pencegahan dari penyakit yang sewaktu-waktu bisa menyerang kapan saja, jika ayam tidak dilakukan vaksinasi ditakutkan nantinya akan terjangkit virus hal ini yang menyebabkan kematian pada ayam. 

Ayam bisa saja mati dalam kurun waktu yang cepat, atau bahkan mendadak, jika hal ini terus dibiarkan maka peternak akan merugi. Selain efek berbahaya jika ayam terus dibiarkan begitu saja tanpa adanya tindakan lanjut, maka dikhawatirkan semua ayam akan terjangkit oleh virus yang dapat menyebar. Tentunya Anda tidak menginginkan hal buruk itu terjadi. 

Vaksinasi sendiri merupakan pemberian obat yang diberikan pada ayam untuk menjaga kekebalan tubuhnya dari serangan penyakit dan virus, vaksin ini bisa digunakan dengan cara disuntikan (Injeksi) atau diteteskan ke dalam mata bahkan sekarang ini sudah ada vaksin untuk diminum langsung oleh ayam. 

Berdasarkan tipe tadi maka vaksin bisa dikatakan terbagi menjadi dua bagian vaksin live yang dilakukan dengan diteteskan ke mata dan juga diminum serta juga vaksin kill yang dilakukan secara disuntikan (injeksi), adapun beberapa vaksin yang seringkali digunakan pada ayam diantaranya: Vaksin Al, Gumboro, cacar, IB, NB, mereks. Selain itu juga vaksin kolera ataupun coryza digunakan sebagai penangkal virus jahat yang dapat menyerang unggas seperti ayam. 

Umumnya ayam kampung memiliki kekebalan tubuh yang kuat apabila dibanding dengan ayam sayur lainnya, namun dibalik itu semua ternyata ayam kampung juga tidak terlepas dari yang namanya wabah penyakit yang bisa saja menyerang, oleh karena itu penggunaan vaksin ini sangatlah dianjurkan. Vaksin sendiri terbagi menjadi beberapa jenis antigen diantaranya vaksin viral, vaksin backteria, dan juga vaksin protozoa. 

Vaksin bacterial dan protozoa sangat umum digunakan untuk penangan penyakit ayam yang susah dikenali, dan sulit untuk ditemukan jenis penyakitnya. Dengan pemberian vaksin ini maka ayam akan kembali pulih dan sembuh dari penyakitnya. 

Langkah-langkah Pemberian Vaksin Pada Ayam

1. Ketepatan Dalam Memberikan Vaksin

Pemberian vaksin pada ayam ini dapat dilakukan dengan menyemprotkannya ke bagian ingus, ataupun juga mata ayam. Namun untuk vaksin jenis injeksi maka harus disuntikan langsung, hal ini berfungsi supaya cairan vaksin bisa masuk dan langsung terserap pada tubuh ayam. Akan tetapi apabila ditemukan vaksinasi yang sudah melebihi tanggal kadaluarsa atau sudah rusak maka manfaatnya pun akan hilang sehingga tidak dapat digunakan lagi. 

2. Waktu pemberian Vaksin yang Tepat

Waktu yang pas untuk pemberian vaksin ini dapat anda lakukan sesuai jadwal. 

pada ayam berikut diantaranya.

  • Umur 3 hari : ND + IB Live Tetes mata 1 dosis/ekor
  • Umur 7 hari :  ND + AI Kill Injeksi subkutan 0,2 ml/ekor
  • Umur 13 hari : Gumboro(IBD) Live Tetes mulut 1 dosis/ekor
  • Umur 21 hari : ND + IB Live Air minum 1 dosis/ekor
  • Umur 28 hari : Gumboro(IBD) Live Air minum 1 dosis/ekor
  • Umur 36 hari :  ND Lasota Air minum 1 dosis/ekor

Pemberian vaksin ini dapat dilakukan dengan mengencerkan vaksin terlebih dahulu sesaat setelah 2 jam. Jika sudah maka vaksin sudah bisa digunakan.

 Itulah Informasi dari Kami mengenai vaksin ayam semoga artikel kali ini bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan bagi kita semuanya Amiin. Terimakasih.


sumber : zhinggo

Post a Comment for "Vaksinasi Penting Pada Ayam Untuk Mencegah Penyakit"