Pentingkah Vaksin untuk Ayam Kampung? Ini 5 Hal yang Jadi Pertimbangannya!

 Pentingkah Vaksin untuk Ayam Kampung? Ini 5 Hal yang Jadi Pertimbangannya!


Pemberian vaksin umum diberikan pada ayam pedaging dan petelur untuk meningkatkan kesehatannya dan mencegah dari segala penyakit. Tapi tahukah Anda kalau ayam kampung juga membutuhkan vaksinasi. Lalu seberapa pentingkah vaksin untuk ayam kampung?

Ya, ayam kampung memang dikenal sebagai hewan ternak yang bisa dikatakan lebih tebal dibandingkan pedaging dan petelur. Hanya saja, tidak luput juga dari gangguan penyakit oleh karena itu dibutuhkan bagi peternak ayam kampung menyadari hal ini agar bisa mendapatkan kualitas peternakan yang tinggi dan sesuai kebutuhan pasar.

 

Pentingkah Vaksin untuk Ayam Kampung?

Pastinya ada berbagai manfaat vaksin untuk ayam. Jadi demikian pula pada ayam kampung vaksin memiliki posisi penting untuk meningkatkan kesehatannya dan mencegah dari berbagai penyakit. Di bawah ini pertimbangan pentingnya vaksin untuk ayam kampung:

 

1. Terhindar dari Berbagai Penyakit

Pastinya, sudah banyak dipahami kalau

manfaat vaksin untuk ayam cukup baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh hewan ternak. Sama halnya dengan ayam kampung, vaksin berfungsi merangsang pembentukan antibodi sehingga membuatnya tercegah dari infeksi penyakit.

Pemberian vaksin pada ayam dilakukan sebelum terjadi infeksi. Dengan begitu segala penyakit ayam seperti tetelo dapat dicegah sehingga membuat peternakan lebih menguntungkan.

 

2. Ada Penyakit yang Tidak Bisa Disembuhkan

Seberapa pentingkah vaksin untuk ayam kampung? Pentingnya karena ada beberapa penyakit yang menyerang hewan ternak yang tidak bisa disembuhkan dengan pemberian obat.

Oleh karena itu, mencegah penyakit tersebut pada ayam kampung dengan vaksinasi menjadi solusi yang tepat. Anda sebagai peternak tidak perlu khawatir lagi untuk masalah penyakit yang bisa menyebabkan kematian pada ayam, cukup dengan memberikan vaksin berbagai penyakit kemungkinan dapat dicegah.

 

3. Mengontrol Kesehatan Ayam

Fungsi vaksin untuk ayam tidak hanya dapat meningkatkan kekebalan tubuhnya tetapi juga sekaligus mengontrolnya. Ayam kampung menjadi lebih terkontrol kesehatannya dan bisa dipastikan aman dari serangan penyakit.

Kita ketahui sendiri meskipun ayam kampung tergolong kebal tapi kalau mengingat adanya penyakit yang tidak bisa disembuhkan dengan pemberian obat tentu vaksinasi sangat urgent sekali. Peternak tidak perlu ragu untuk memberikannya.

 

4. Adanya Penyakit Bakterial yang Rentan Kambuh

Penyakit bakterial pada ayam sulit sekali untuk disembuhkan secara total jadi ada kemungkinan untuk mudah kambuh. Kondisi ini tentu sangat buruk bagi ayam kampung ternak Anda. Pemberian vaksin pada hewan ternak ini menjadi penting untuk dipertimbangkan.

Jadi, pentingkah vaksin untuk ayam kampung? Jawabannya adalah sangat penting apalagi ada penyakit korisa yang termasuk kategori sering kambuh. Vaksin dapat mencegah muncul kembali penyakit tersebut dengan meningkatkan kekebalan tubuh pada ayam kampung.

 

5. Biaya Pengobatan yang Mahal

Vaksin ayam yang bagus dapat mencegah berbagai penyakit dengan meningkatkan antibodi secara optimal. Dengan melakukan vaksinasi maka tentu minim sekali untuk melakukan pengobatan.

Mengobati ayam yang sudah terlanjur sakit tentu saja lebih mahal dibandingkan membeli vaksin. Inilah yang menjadi pertimbangan mengapa ayam kampung penting untuk diberikan vaksin.

Lalu kapan waktu yang tepat untuk melakukan vaksinasi ayam? Ya, peternak tidak boleh sembarangan dalam memberi vaksin mana bisa sia-sia bahkan berdampak buruk pada ayam.

Waktu yang disarankan untuk vaksinasi ayam itu pada pagi hari atau sore. Hal ini karena vaksinasi baik untuk dilakukan saat kondisi suhu sekitar tidak panas.

Nah, pentingkah vaksin untuk ayam kampung? Semuanya sudah terjawab tinggal bagaimana peternak memahami cara pemberian vaksin untuk ayam kampung. Tentunya, jangan sampai salah agar vaksinasi bisa menjaga kesehatan ayam dan menghasilkan ternak yang unggul.



Post a Comment for "Pentingkah Vaksin untuk Ayam Kampung? Ini 5 Hal yang Jadi Pertimbangannya!"