4 Penyebab Harga Ayam Kampung Meningkat di Akhir Tahun

https://www.kerjaayam.com/2023/01/4-penyebab-harga-ayam-kampung-meningkat.html


 4 Penyebab Harga Ayam Kampung Meningkat di Akhir Tahun


Kenaikan harga ayam tidak hanya berlaku pada pedaging. Tetapi jenis ayam kampung juga bisa mengalami kenaikan di akhir tahun. Ada berbagai penyebab harga ayam kampung meningkat di akhir tahun yang cukup menjadi kabar baik untuk peternak.

Tekstur chewy dan enak dari daging ayam kampung tidak kalah favorit di lidah masyarakat Indonesia. Pada acara atau momen istimewa tertentu dagingnya banyak dipilih sebagai hidangan. Tak heran, kalau harganya kadang naik di waktu-waktu tertentu misal hari raya.

 

Penyebab Harga Ayam Kampung Meningkat di Akhir Tahun

Selain rasanya yang enak, ada berbagai alasan kenapa harga ayam naik. Berikut ini penyebab harga ayam kampung mahal di akhir tahun:

 

1. Hari Raya Natal

Sudah tidak dipertanyakan lagi sebenarnya, kenapa harga ayam naik kalau sudah momen hari raya. Pasalnya saat Natal harga ayam tak luput ayam kampung juga mengalami kenaikan, bukan hanya saat hari raya idul fitri tiba.

Hari raya Natal juga sama-sama dimeriahkan dengan memasak berbagai hidangan makanan dari daging ayam. Menu olahan daging ayam kampung termasuk istimewa dan dipandang lebih sehat, tak heran kalau di saat hari raya Natal harganya melambung tinggi.

Kita ketahui sendiri, kalau di akhir Desember lagi meriah-meriahnya hari Natal. Jadi, harga ayam kampung menjadi naik.

2. Momen Tahun Baru

Penyebab harga ayam kampung meningkat di akhir tahun berikutnya juga dikarenakan menyambut momen tahun baru. Non muslim bahkan memeriahkan dan spesialkan momen tahun baru ini dengan acara kumpul-kumpul bersama teman dan keluarga.

Bahkan tidak hanya dari kalangan non muslim, orang islam pun turut memeriahkan pergantian tahun. Berbagai acara pun digelar untuk menyambutnya. Tentu saja, di dalam acara tersebut berbagai menu termasuk masakan daging ayam juga pasti menjadi hidangan utamanya. Jadi tak heran, kalau kemungkinan harganya akan naik di akhir tahun.

 

3. Permintaan Pasar yang Tinggi

Harga ayam kampung per kg bahkan bisa lebih dari Rp70.000 kalau permintaan pasar tinggi. Kenaikan harga ini terjadi tentu bukan tanpa sebab tapi banyaknya konsumen di akhir tahun yang melaksanakan berbagai agenda. Sebagaimana yang sudah disebutkan pada hari raya Natal dan perayaan tahun baru.

Selain itu, edisi liburan tahun baru yang banyak mengunjungi berbagai restoran. Pastinya juga ketinggalan menu daging ayam kampung. Oleh karena itu, ini juga menjadi penyebab harga ayam kampung melambung tinggi di akhir tahun.

 

4. Harga Pakan Mahal

Selain banyaknya permintaan pasar dan adanya momen hari raya Natal serta pergantian tahun, penyebab harga ayam kampung meningkat di akhir tahun juga dipengaruhi karena pakan. Bila pakan harganya naik tentu saja penjualan ayamnya jadi meningkatkan.

Peternak akan sangat mempertimbangkan harga ayam kampung. Sebab, kenaikan pakan ayam tidak menentu kadang juga terjadi di akhir tahun. Hal inilah yang perlu dipahami mengenai penyebab harga ayam kampung meningkat di akhir tahun.

Setelah mengetahui beberapa penyebab harga ayam kampung naik, tentu saja bagi para peternak terus memaksimalkan stok di akhir tahun. Apalagi kalau memiliki timbunan pakan yang banyak tidak perlu khawatir mengalami kerugian akibat harganya meningkat.

Anda bisa mengelola peternakan ayam kampung dengan baik sehingga mendapatkan daging dengan nutrisi yang bermutu. Sebab kalau sudah dipilih restoran kemungkinan Anda akan mendapatkan penjualan yang lebih tinggi lagi.

Meskipun dari masalah penyebab harga ayam kampung meningkat di akhir tahun ini yang paling dominan karena tepat di moment hari Natal dan Tahun Baru. Hal ini mempengaruhi semuanya mulai dari permintaan pasar hingga kenaikan pakan.


Post a Comment for "4 Penyebab Harga Ayam Kampung Meningkat di Akhir Tahun"